Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Karya Inovatif MIN 2 Asahan Penerapan Prilaku Hidup Ramah Lingkungan

 

www.pilaremasnews.my.id - Berawal dari niat membudayakan perilaku ramah  lingkungan hidup, kini Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Asahan , yang dipimpin oleh Bapak Nasrun Amin S.Ag MM memiliki banyak siswa terlatih dalam melakukan pengembangan karya seni inovatif, menarik dan bernilai tinggi.

Tim Redaksi Pilar Emas News yang dipimpin oleh Bapak Fajar Candra Hakiki Simamora,SE.MM selaku Pimpinan Umum Pilar Emas News saat menyambangi MIN 2 Asahan  melakukan wawancara dengan ibu Puput Widiasa Putri , S.Pd.I selaku pembina  dan melihat langsung proses pengembangan karya inovatif  dari yang sederhana luar biasa sederhana dan memiliki banyak manfaat . 

Sampah daur ulang menjadi hasil kerajinan menarik yang dilakukan para siswa. Hal yang menarik dapat dilihat saat bagaimana para siswa membagi tugas untuk pengolahan sampah berbungkus plastik tersebut mula dari membuka bungkus, memilah, merapikan, hingga membentuknya  menjadi karya seni inovatif nan menarik seperti , lampu hias dari stik, tas belanjaan dari kaos bekas, aneka hiasan dinding, miniatur mainan dari kardus dan koran, bunga dari kantung belanjaan. Tidak hanya itu anak-aak juga memiliki ketrampilan untuk membuat batik jumputan guna menjaga warisan budaya bangsa, serta pengolahan energi terbarukan biomasa yaitu pengolahan sekam untuk dijadikan briket ( sekam dari briket) sederhana selain itu mereka melakukan sosialisasi karya inovasi yang dapat dilakukan disekolah, rumah dan di desa dalam upaya pelaksaan pembiasaan prilaku hidup ramah lingkungan. 

Puput berkata bahwa tidak mudah untuk mengarahkan minat siswa terutama dalam memunculkan ide kreatifitas siswa. Berbagai kendala dan hambatan dialami , mulai dari pemahaman pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat dengan membuang sampah pada tempatnya, hingga pengetahuan tentang karya inovatif dalam program prilaku hidup ramah lingkungan. Beliau selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu melakukan inovasi. Karena berinovasi berarti mencintai hidup kita, mempermudah hidup kita dalam rangka menjaga bumi kita dimulai dari hal terkecil dan dimulai ddari sekarang. 

Namun usaha dan kerja keras tidak ada yang sia-sia. Kini MIN 2 Asahan memiliki banyak karya inovasi yang dihasilkan hal ini melingkup seluruh karya inovasi keluarga besar MIn 2 asahan yaitu, para siswa , guru, dan tenaga kependidikan.. MIN 2 Asahan  dengan program Mendukung Pola Minum Air Sehat, para siswa dihimbau untuk membawa minuman sendiri dari rumah, serta dengan diwadahi  tas bontot buatan sendiri.(Red).


Post a Comment

0 Comments