Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gunung Sinabung Muntahkan Abu Vulkanik dengan Tinggi 5000 Meter di Atas Puncak


Pilaremasnews - Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, kembali erupsi pada Senin (10/8/2020).Erupsi yang terjadi sekira pukul 10.16 ini, Gunung Sinabung memuntahkan abu vulkanik dengan tinggi kolom abu mencapai 5000 meter di atas puncak.Informasi yang didapat, akibat dari tingginya abu dan kencangnya hembusan angin membawa dampak ke tiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Namanteran, Kecamatan Merdeka, dan Kecamatan Berastagi.
Informasi yang didapat, hingga saat ini di beberapa wilayah juga terpapar hujan pasir dan abu vulkanik. Adapun beberapa yang terpapar ialah di Kecamatan Namanteran dan Berastagi. Bahkan, di dua kecamatan ini kondisnya saat ini mengalami gelap karena tertutup abu vulkanik. Informasi yang didapat dari seorang warga Berastagi Sekilap Surbakti, abu sudah mulai terlibat turun sekira pukul 10.30 WIB. Menurut pantauannya, saat ini abu sudah mulai menipis. "Hujan abunya sampai pukul 11. 05, tadi. Sekarang sudah mulai tipis dan angin pun kencang membuat abu pun sudah beterbangan," ujar Sekilap.
Warga Berastagi lainnya Suci Ramadhani, mengatakan hingga saat ini abu sudah mulai turun dan menyelimuti wilayah di sekitar rumahnya.Terlebih, dengan kembalinya Gunung Sinabung erupsi pada pukul 11.17 WIB tadi, aku menjadi masih terus ada.
Dari Informasi yang berhasil dihimpun, tinggi kolom erupsi Gunung Sinabung mencapai lebih dari 5.000 meter dari puncak Gunung Sinabung atau lebih 7.460 meter dari atas pemukaan laut.
Hal tersebut dikatakan Kepala Pos Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG, Dalam penjelasannya ia mengatakan, erupsi Gunung Sinabung menyebabkan kolom abu yang berwarna coklat gelap dan mengarah timur dan tenggara.
Untuk itu, Armen mengimbau kepada masyarakat maupun wisatawan untuk tidak mendekati atau memasuki zona merah Sinabung yang sudah direkomendasikan.
“Untuk warga yang terdampak abu vulkanik letusan Sinabung, kami imbau agar melindungi diri dengan menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar rumah,” ujarnya. Putra. 
Hingga Senin, dari informasi yang berhasil didapat  tingkat kegempaan Gunung Sinabung masih terus meningkat dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Hingga kini, status Gunung Sinabung masih Siaga Level III.wartakota.

Post a Comment

0 Comments