Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemandian Air Panas Pariban


Pilaremasnews - Perjalanan wisata Anda di kawasan Dataran Tinggi Karo, Sumatera Utara tidak lengkap jika belum berkunjung ke tempat yang satu ini, pemandian air panas Sidebuk-debuk.

Sidebuk-debuk atau Lau Debuk-debuk adalah tempat wisata pemandian air panas alam yang mengandung belerang yang berada di bawah kaki Gunung Sibayak. Mata airnya bersumber dari retakan aliran lava di sebelah selatan Gunung Sibayak, yang kemudian dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk membuat pemandian kolam air panas. Saking panasnya sampai dijadikan pembangkit listrik sumber energi geothermal (panas bumi) oleh PT. Pertamina Geothermal Energy.

Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Jika berangkat dari Kota Medan, ambil rute menuju Sibolangit – Berastagi, patokannya adalah pos polisi Simpang Sidebuk-debuk atau Simpang Desa Doulu. Di sebelah kanan jalan akan terlihat plang bertuliskan Hotspring Sidebuk-debuk. Namun perjalanan masih belum berakhir, karena harus melanjutkan perjalanan sekitar 1 kilometer lagi.


Dari banyaknya tempat pemandian air panas yang tersedia, ada satu tempat yang sangat terkenal dengan pemandangan yang memanjakan mata yaitu pemandian air panas Pariban. Lokasinya sangat mudah ditemukan yakni terletak di paling ujung sebelah kiri jalan.

Konon kata “Pariban” dipilih karena kata tersebut sangat akrab di telinga masyarakat Sumatera Utara. Pariban adalah sebutan bagi putri paman dalam Bahasa Batak. Alasan lainnya adalah sang pemilik pemandian menikahi impalnya sendiri. Impal memiliki arti yang sama dengan Pariban.

Pemandian ini mulai dibuka untuk umum sejak tahun 2010 silam. Selain membayar retribusi resmi, ketika memasuki pemandian Pariban akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000/orang.

Warna Air Kebiruan
Mengusung konsep yang didesain untuk wisata keluarga, pemandian air panas ini beda dari pemandian lainnya. Menyediakan lima kolam dengan tingkat kepanasan air yang bervariasi dan warna air yang kebiru-biruan, serta pemandangan pegunungan di sekelilingnya mampu menghilangkan kepenatan dan membuat rileks kembali. Konon air panas yang mengandung belerang bermanfaat untuk penyakit kulit seperti panu, kurap, eksim, dan lain-lain.

Ada Waterboom
Selain kolam air panas, pemandian Pariban juga menyediakan waterboom mini dengan seluncuran dan air kolam yang dingin. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun senang bermain di kolam air dingin ini.


Di samping kolam air panas, terdapat taman kelinci dan terhampar taman bunga nan indah yang cocok dijadikan spot berfoto. Ada juga kolam ikan berisikan ikan mas, ikan lele, dan ikan hias. Bagi Anda yang berminat memberi makan ikan dengan pelet bisa membeli makanannya di tempat dengan harga Rp2.500/bungkus.


Bagi Anda yang berencana menginap, masih di dalam kawasan Pemandian Pariban kini menyediakan penginapan berupa homestay yang dapat diisi maksimal 4-8 orang dengan harga Rp500.000 per malamnya. Tersedia pula hotel Pariban dengan rentang harga Rp. 500.000 – 900.000 per malam dengan tipe kamar hotel single, deluxe, dan suite.


Fasilitas lain yang disediakan pengelola pun terbilang lengkap. Parkir, tempat bilas, ruang ganti pakaian, toilet, pondok untuk bersantai yang dibanderol Rp50.000 – 100.000 tergantung ukuran pondok, ATV yang bisa disewa, tempat makan yang diberi nama Pariban El Resto, dan area camping ground.
(mm)

Post a Comment

0 Comments