Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemanfaatan Limbah Sampah Di Desa Sigambal Oleh Fakultas Pertanian UNISLA





Photo : Mahasiswa Beserta Staf Pengajar


Pilaremasnews - Dalam upaya memanfaatkan limbah sampah atau limbah dapur Dosen beserta mahasiswa Fakultas  Pertanian Universitas Islam Labuhan Batu (UNISLA) Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ke Desa Sigambal. Kegiatan mencakup pengolahan limbah dapur atau sampah menjadi pupuk organik cair (POC) biasa Atau dlm istilah pertanian disebut deng an MOL (Mikro Organisma Lokal). Cara pengolahan MOL tsb melalui proses permentasi yg dilakukan oleh para mahasiswa yang di pandu langsung oleh Dosen.

Pada kesempatan ini Dekan Fakultas Pertanian Joni Rianto Siregar SP, MP mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan utk mengajak masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan sehingga sisa limbah tidak menjadi sampah yg hanya menjadi sarang hama dan penyakit dan juga sebagai salah satu bentuk kegiatan diluar kampus untuk meningkatkan skill para mahasiswa sehingga bisa bermanfaat kelak setelah lulus dari Fakultas Pertanian UNISLA.

Dalam kegiatan tersebut didampingi Ka. Prodi Fakultas Pertanian UNISLA Rezky Tri Seytia SP, MP juga bersama Dosen Fakultas Pertanian diantaranya yaitu Syafriadi SP MP, Ir. Lihas Ritonga MS, Sulpan Harahap, SP, dan  Rahmi Sari Dellina Hrp SE, S.Pd, M.Si dan Nurlela Hasibuan SPd, MPd.

Diharapkan kegiatan ini membawa manfaat bagi para peternak karena hasil olahan limbah selain berfungsi sebagai pupuk organik juga dapat menghilangkan bau kotoran ternak dan hal ini sudah melalui proses uji langsung oleh para dosen dan mahasiswa.

Post a Comment

0 Comments